Sabtu, 21 Januari 2023 By dr. Kristo

Vaksinasi anak adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan anak-anak kita. Sangatlah penting bagi orangtua dan keluarga untuk mengerti manfaat vaksinasi dan perannya dalam melindungi anak-anak kita dari penyakit menular yang serius dan dapat membahayakan nyawa.

Ya, salah satu alasan utama dalam memvaksinasi anak-anak kita adalah untuk melindungi mereka dari penyakit-penyakit yang dapat berakibat fatal seperti campak, polio, dan batuk rejan. Penyakit-penyakit ini dulunya banyak ditemukan menjangkiti anak-anak kecil dan kita patut bersyukur bahwa dengan dibuatnya vaksinasi dan adanya program imunisasi anak, kini penyakit-penyakit tersebut tidak mudah menyebar. Namun, jika cakupan vaksinasi menurun, penyakit-penyakit ini dapat kembali naik ke permukaan dan menjadi ancaman utama bagi kesehatan anak. Seperti yang terjadi pada ditemukannya Kembali kasus polio dan campak, masing-masing pada paruh akhir 2022 dan awal bulan Januari 2023.

Salah satu alasan penting lainnya dalam memberikan imunisasi bagi anak-anak kita adalah, dengan vaksinasi, artinya kita membantu masyarakat dalam pembentukan herd immunity. Saat Sebagian besar populasi telah divaksinasi, kondisi itu disebut herd immunity. Adanya herd immunity membuat penyakit-penyakit tidak mudah menular. Situasi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan anggota masyarakat yang rentan, seperti misalnya bayi yang masih terlalu kecil untuk mendapatkan vaksinasi tertentu atau orang-orang dengan imun sistem yang lemah

Edukasi adalah salah satu kunci penting supaya anak-anak mendapatkan vaksinasi yang mereka butuhkan. Para orang tua harus mendapatkan informasi mengenai jadwal vaksinasi yang direkomendasikan dan manfaat vaksinasi bagi keluarga. Penting juga untuk mengedukasi orang tua mengenai miskonsepsi dan hoax yang beredar di masyarakat mengenai vaksinasi. Sebagai contoh, beberapa orang mungkin mempercayai bahwa vaksinasi dapat mengakibatkan autisme, namun kenyataannya, tidak ada bukti kongkrit untuk mendukung klaim tersebut.

Vaksinasi serta edukasi adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan, kualitas hidup, dan masa depan dari anak-anak kita. Dengan mengedukasi diri kita sendiri dan orang lain mengenai manfaat vaksinasi dan imunisasi, kita dapat memastikan bahwa seluruh generasi muda kita memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh sehat, terbebas dari penyakit-penyakit yang serius dan berpotensi membahayakan nyawa. Dengan memberikan informasi yang akurat, melawan miskonsepsi dan berita yang salah mengenai vaksinasi, serta menyediakan akses yang mudah terhadap vaksinasi, kita dapat melidungi mereka.

dr. Kristo

Lulus sebagai dokter spesialis penyakit dalam, muncul hasrat dalam diri dr. Kristoforus Hendra Djaya, SpPD, MBA dalam mendalami bidang vaksinasi. Semangat ini mendorongnya dalam membangun klinik vaksinasi pertama di Indonesia, inHarmony Clinic pada tahun 2011. Bersama inHarmony Clinic, kini ia mengimplementasi 3 layanan tambahan: Medical Check Up, Genetic Testing, dan Nutrition Support. Memimpin transformasi inHARMONY menjadi klinik preventif pertama di Indonesia dengan semangat dan integritas yang tinggi