image of Genetic Testing Kit from inHarmony Clinic, part of a program named Lifetime Wellness Journey by inHarmony Clinic

Genetic Testing

Temukan Rahasia diri Anda melalui pemeriksaan genetik untuk kesehatan diri dan keluarga

Genetic Testing in 3 Easy Steps

Appointment

Buat appointment Genetic Testing dengan inharmony clinic, bisa dilakukan melalui via WA atau telephone langsung ke klinik

Consultation

Setelah mendapatkan jadwal kunjungan , anda akan berkesempatan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar bisa menentukan pemeriksaan genetic mana yang sesuai dengan anda. Konsultasi bisa dilakukan online (online platform) maupun offline (datang langsung ke klinik)

Collecting Sample

Setelah memilih KIT yang sesuai dengan Anda selanjutnya pengambilan sampel DNA. Kalau di inharmony Clinic pengambilan sampel bisa dilakukan langsung diklinik atau bisa juga dilakukan dirumah. selanjutnya,  tinggal menunggu hasil genetik yang diproses di LAB. Admin akan membantu penjadwalan konsultasi setelah hasil keluar.

About Genetic Testing

Pada tahun 2022, seluruh peta genetik manusia yang terdapat dalam DNA (asam deoksiribonukleat/DeoxyriboNucleic Acid) manusia telah berhasil dipetakan oleh para ilmuwan dan dipublikasikan di awal 2023. Peta genetik ini mengungkap keseluruhan isi DNA manusia, yaitu 3.2 milyar pasang basa yang dimiliki seorang manusia, dimana hanya sekitar satu persennya, yaitu 30 juta pasang basa yang mengkode sifat dan karakter yang dimilikinya. Peta genetik dari DNA kita merupakan gambaran cetak biru (blueprint) dari diri kita yang telah digariskan sejak kita lahir. Seseorang yang terlahir membawa genetik warna mata biru misalnya, akan memiliki mata yang berwarna biru seumur hidupnya.

Genetic Testing adalah suatu proses yang dilakukan untuk menganalisis dan memetakan DNA kita, yaitu materi genetik yang menentukan sifat-sifat yang diwariskan dari kedua orang tua kita. Proses ini dapat memberikan informasi tentang kondisi kesehatan, risiko penyakit, sifat atau karakteristik tertentu yang kita miliki, serta potensi dan bakat kita. Tes genetik memberikan gambaran tentang diri kita, walaupun bukan berarti bahwa semua hasil pemeriksaan akan berwujud dalam kehidupan kita.

 

Kit Packages

Product image of Premium Genetic Testing Kit from inHarmony Clinic, part of a program named Lifetime Wellness Journey by inHarmony Clinic

Premium Genetic Testing Kit

Product image of Complete Genetic Testing Kit from inHarmony Clinic, part of a program named Lifetime Wellness Journey by inHarmony Clinic

Complete Genetic Testing Kit

Product image of Wellness Genetic Testing Kit from inHarmony Clinic, part of a program named Lifetime Wellness Journey by inHarmony Clinic

Wellness Genetic Testing Kit

Product image of Complrehensive Genetic Testing Kit from inHarmony Clinic, part of a program named Lifetime Wellness Journey by inHarmony Clinic

Comprehensive Genetic Testing Kit

Paternity Genetic Testing Kit

Semua pemeriksaan di atas akan mendapatkan complimentary konsultasi dokter/konselor genetik sebelum dan sesudah pengambilan sample, tanpa tambahan biaya lagi dari tim medis inHarmony. Selain itu, pengambilan sampel dapat dilakukan dimanapun baik oleh tenaga medis inHarmony maupun secara mandiri oleh klien, terkecuali untuk pemeriksaan Paternity Genetic Testing yang harus dilakukan di hadapan dokter kami.

Harga

Biaya pemeriksaan bervariasi, tergantung pada jenis pemeriksaan yang diambil. Harga dimulai dari 5,5 juta Rupiah.

FAQ Genetic Testing

Genetic Testing dapat menghasilkan laporan yang berisi hasil analisis DNA kita. Laporan ini biasanya berupa dokumen tertulis atau elektronik yang menjelaskan jenis pemeriksaan yang dilakukan, tujuan pemeriksaan, metode pemeriksaan, hasil pemeriksaan, dan interpretasi hasil. Laporan ini juga dapat menyertakan rekomendasi tindakan lanjutan yang perlu kita lakukan berdasarkan hasil pemeriksaan.

Tidak ada batasan usia, untuk bayi bisa dilakukan pemeriksaan genetik dari usia 1 minggu. Pemeriksaan genetik juga bisa dilakukan bahkan dalam kondisi hamil dan lanjut usia. Namun, semua harus dalam kondisi sehat

Pengambilan sampel sangatlah mudah hanya dengan usapan diderah pipi atau menggunakan penampung air liur ( saliva ). sehingga, tidak merasakan sakit sama sekali.

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasilnya cukup bervariasi tergantung pada jenis dan kompleksitas pemeriksaannya. Secara umum, waktu yang dibutuhkan sejak pengambilan sampel dilakukan hingga hasilnya dapat didiskusikan dengan konsultan kami berkisar antara 4 – 8 minggu. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi lamanya waktu pemeriksaan adalah:

1. Jumlah dan kualitas sampel DNA yang dikirimkan;

2. Jenis pemeriksaan analisis DNA yang dilakukan;

3. Kapasitas laboratorium yang melakukan pemeriksaan;

4. Kecepatan verifikasi hasil pemeriksaan dan pelaporan hasil oleh tenaga ahli di laboratorium.

Perlu dipahami bahwa terkadang sampel yang kita kirimkan tidak ideal atau kurang memadai, sehingga perlu dilakukan pengambilan sampel ulangan yang berpotensi memperpanjang waktu pemeriksaan.

Konsultasi dapat dilakukan secara online maupun offline (datang langsung ke klinik), dengan menghubungi admin melalui WA atau telepon langsung ke klinik, petugas akan mengaturkan jadwal konsultasi dengan dokter secara online dengan media Zoom Meeting.

Pemilihan kit yang sesuai dengan Anda akan dipandu oleh dokter Klinik Inharmony pada saat konsultasi

Informasi yang masih kurang dipahami bisa dilakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter di Klinik Inharmony appointment akan dibantu oleh admin dengan menghubungi nomor WA 0811-9559-696 atau bisa langsung di nomor 021 – 4220214. Pada saat konsultasi dokter akan memberikan informasi sangat detail mulai dari informasi terkait genetic hingga pemilihan KIT yang sesuai dengan pasien.

InHarmony Clinic bisa melakukan pengambilan sampel dari rumah, tenaga medis baik perawat ataupun dokter akan melakukan kunjungan rumah setelah pasien melakukan konsultasi terlebih dahulu baik secara online maupun offline sesuai dengan appointment yang sudah di sepakati.