Kamis, 14 Maret 2024 By Dina Virgy

Vaksin TB Terbaru : M72

Dalam dunia vaksin, istilah inovasi juga berlaku. Contoh, vaksin TB terbaru !

Healthy People, setelah sekian lama pengobatan serta pencegahan penyakit TB (tuberkulosis) sepertinya kurang mendapat perhatian, akhirnya baru-baru ini ada angin segar bagi sebuah vaksin baru yang menjanjikan.

Dana sebesar 550 juta dolar Amerika akan dikucurkan oleh dua yayasan besar berbasis di Amerika dan London bagi tahap akhir uji klinis kandidat vaksin baru yang diberi nama M72.

Vaksin M72 dibuat dengan tujuan untuk mengatasi infeksi laten. Hmm..ini di luar negeri, bagaimana dengan Indonesia? Seperti kita tau kan, ada lebih dari 700 ribu kasus penderita TB dan angka tsb merupakan capaian tertinggi sejak TBC dinyatakan sebagai program prioritas nasional.

Bersyukur, Indonesia termasuk negara yang berkomitmen dalam mencapai eliminasi TBC di tahun 2030. Jadi inget tema Hari TB Sedunia 2024 , “Yes! We can end TB !

Dan ternyata di bulan September tahun lalu, Pemerintah Indonesia sudah menyatakan minat untuk ikut uji klinis vaksin tuberkulosis M72 dan kedua yayasan filantropi yang menyuntik dana besar itu memberi respon positif dan mendukung penanganan TB di Indonesia.

Healthy People, kalo uji klinis selanjutnya berhasil, M72 akan menjadi vaksin baru pertama dalam yang menargetkan tuberkulosis dengan tingkat kemanjuran 50 persen pada orang dewasa. Ini sebuah kemajuan besar dalam dunia ilmiah, menurut Eric Rubin, seorang profesor/ peneliti dari Harvard School of Public Health dan juga sebagai editor New England Journal of Medicine. Bukankah M72, vaksin baru TB ini memang betul-betul menjanjikan?

Dina Virgy

Berlatar belakang pendidikan ilmu politik, bahasa inggris dan public relations, Dina Virgy telah meniti karir sebagai seorang broadcaster di radio broadcasting lebih dari 20 tahun dalam dunia radio broadcasting dari beberapa radio papan atas di Jakarta, sebagai penyiar, scripwriter, produser, news editor, dan public relations.Saat ini melanjutkan karirnya di sebuah Yayasan yang menaungi beberapa radio station, sebagai public relations dan corporate secretary.