Kamis, 03 Agustus 2023 By dr. Kristo

Tes Genetik mungkin masih merupakan istilah yang tidak lazim kita dengar. Tes DNA mungkin masih lebih sering muncul di media, terutama sebagai salah satu alat untuk memastikan garis keturunan. Lalu apakah tes genetik dan tes DNA yang dimaksud ini sama?

Tes genetik yang kami maksud dalam artikel ini merupakan hal yang berbeda jika dibandingkan dengan tes DNA di atas. Tes genetik yang kami maksud di sini jauh lebih menarik. Bayangkan ada 10.000 kota di dunia. Dunia yang kita huni ini, jadi lebih berarti dan mudah dieksplorasi dengan adanya Peta.

Demikian juga hidup kita; dalam hal ini, DNA kita adalah dunia dan Gen adalah kota-kotanya. Artinya peta genetik yang kita dapatkan dari hasil tes genetik adalah peta yang menggambarkan diri kita.

Hidup tanpa peta genetik, bagaikan dunia dengan peta buta. Kita tidak tahu apa-apa tentang apa yang terjadi dengan diri kita.

Tes ini membantu kita mengeksplorasi diri kita melalui pemetaan seluruh gen yang ada dalam DNA kita.

Macam-macam hal yang dapat dideteksi melalui tes genetik :

  • Mendeteksi adanya kelainan genetik yang dapat menyebabkan penyakit bawaan atau dapat berisiko diturunkan, seperti sindrom down, hemofilia, atau kanker payudara, bahkan hingga penyakit yang jarang sekalipun.
  • Mengetahui apakah kita memiliki faktor predisposisi genetik atau kecenderungan untuk terjadinya penyakit tertentu di masa depan, seperti diabetes, Alzheimer, atau Parkinson.
  • Mengetahui apakah kita memiliki variasi genetik yang mempengaruhi respons terhadap obat-obatan tertentu, terutama bagi obat-obatan penyakit kronis, seperti warfarin, clopidogrel, atau metformin.
  • Mengetahui apakah kita memiliki hubungan kekerabatan dengan orang lain, seperti ayah biologis, ibu biologis, atau saudara kandung.
  • Mengetahui asal-usul etnis atau geografis kita, seperti Asia, Afrika, Eropa, atau Amerika.
  • Mengetahui karakteristik fisik atau kepribadian kita yang dipengaruhi oleh genetika, seperti warna mata, rambut, kulit, tinggi badan, kecerdasan, atau bakat.
  • Mengetahui kebutuhan nutrisi dan olahraga yang tepat dan sesuai untuk menunjang proses pertumbuhan dan metabolisme kita.

Seperti yang sudah kita lihat, tes genetik memiliki beragam manfaat. Bagi Anda yang menginginkan untuk hidup lebih sehat dan menuju berat badan ideal, tes ini dapat memberitahu Anda, tipe nutrisi dan olahraga yang paling kompatibel bagi tubuh, sesuai dengan apa yang telah tertulis dalam gen Anda. Tidak hanya itu, tes ini juga dapat mendeteksi karakter kepribadian yang dipengaruhi oleh gen kita, terutama di bidang kecerdasan atau bakat, sehingga kita dapat lebih menajamkan potensi kita di bidang tertentu yang sesuai.

dr. Kristo

Lulus sebagai dokter spesialis penyakit dalam, muncul hasrat dalam diri dr. Kristoforus Hendra Djaya, SpPD, MBA dalam mendalami bidang vaksinasi. Semangat ini mendorongnya dalam membangun klinik vaksinasi pertama di Indonesia, inHarmony Clinic pada tahun 2011. Bersama inHarmony Clinic, kini ia mengimplementasi 3 layanan tambahan: Medical Check Up, Genetic Testing, dan Nutrition Support. Memimpin transformasi inHARMONY menjadi klinik preventif pertama di Indonesia dengan semangat dan integritas yang tinggi