Rabu, 19 Juni 2024 By Raden Dibi

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kulit kita tetap sehat : Menggunakan sunscreen saat berada di luar ruangan, berhenti merokok, diet sehat, mengatur stress, dan memberikan nutrisi tambahan bagi kulit. Nutrisi bagi kulit berupa vitamin C, kolagen, dan mineral lainnya bisa kita dapatkan dari berbagai sumber seperti buah-buahan dan sayuran. Berbagai buah dan sayuran yang tinggi kandungan vitamin C diantaranya adalah jeruk, stroberi, kiwi, paprika, dan brokoli. Terkadang vitamin C yang kita dapat dari asupan makanan sehari-hari tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh. Untuk itu kita dapat mengkonsumsi suplemen pendukung yang bisa didapat melalui konsumsi vitamin C secara oral maupun Injeksi.

Vitamin C Oral vs Injeksi


Asupan vitamin c bagi tubuh bisa kita dapatkan baik melalui jalur oral ataupun injeksi. Apa yang membedakan keduanya?

Vitamin c injeksi diserap lebih cepat dan lebih baik oleh tubuh. Vitamin c yang didapat melalui jalur oral membutuhkan waktu yang lebih lama sebelum bisa diserap oleh tubuh, karena harus melalui jalur pencernaan terlebih dahulu.

Manfaat Vitamin C bagi Tubuh

Vitamin C, atau asam askorbat, adalah salah satu nutrisi penting yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu melawan infeksi dan penyakit. Mengonsumsi cukup vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi dari makanan nabati, mencegah anemia, serta mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, mengonsumsi vitamin C juga penting dalam proses sintesis kolagen dalam tubuh kita, yang merupakan protein utama dalam kulit, tulang, dan pembuluh darah, sehingga mendukung proses penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit.

Injeksi Vitamin C Kolagen dan Kesehatan Kulit

Kolagen adalah protein utama yang terdapat dalam kulit dan memiliki peran penting dalam menjaga elastisitas, kekuatan, dan kekenyalan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami dalam tubuh berkurang, yang dapat menyebabkan kulit kendur, keriput, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen, seperti ikan, daging, dan kaldu tulang, serta suplemen kolagen, dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, menjaga gaya hidup sehat, seperti menghindari paparan sinar UV berlebihan, tidak merokok, dan mengonsumsi vitamin C yang cukup, dapat mendukung produksi kolagen dan menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Kesimpulan

injeksi vitamin C dan kolagen adalah solusi yang efektif untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mendukung produksi kolagen, sementara kolagen sendiri memperkuat struktur kulit, menjaga elastisitas, dan mencegah penuaan dini. Dengan kombinasi kedua nutrisi ini, kulit dapat tetap kencang, kenyal, dan bercahaya. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional sebelum memulai perawatan ini untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya sesuai dengan kebutuhan individu. Perawatan rutin dan gaya hidup sehat tetap menjadi kunci utama dalam menjaga kulit yang sehat dan awet muda.

Raden Dibi

Memulai karir sebagai seorang jurnalis, Raden Dibi Irnawan kini menjabat sebagai Digital Marketing Coordinator di inHarmony Clinic. Sarjana humaniora lulusan Universitas Indonesia ini juga telah berpengalaman membuat berbagai ide konten dan artikel kesehatan selama 7 tahun.