Kamis, 02 November 2023 By Admin

Vaksin tt pranikah (tetanus toksoid) adalah salah satu vaksin penting yang direkomendasikan untuk calon pengantin, baik pria maupun wanita. Tetanus adalah penyakit infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri penyebab tetanus ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka, seperti luka tusuk, luka bakar, atau luka akibat persalinan.

Bakteri tetanus akan menghasilkan racun yang dapat menyerang sistem saraf pusat, menyebabkan kejang otot yang hebat, hingga kematian. Vaksin tetanus berfungsi untuk membentuk antibodi yang dapat melawan bakteri tetanus dan mencegah penyakit tetanus.

Mengapa Vaksin Tt pranikah penting untuk calon pengantin?

Ada beberapa alasan mengapa calon pengantin perlu mendapatkan vaksin tetanus, yaitu:

  • Calon pengantin lebih berisiko mengalami luka, terutama saat persiapan pernikahan. Misalnya, saat memasak, mendekorasi acara, atau beraktivitas di luar ruangan.
  • Calon pengantin wanita berisiko terkena tetanus saat persalinan, terutama jika persalinan dilakukan di tempat yang tidak steril.
  • Vaksin tetanus dapat melindungi bayi dari tetanus neonatorum, yaitu tetanus yang terjadi pada bayi baru lahir.

Efek Samping Vaksin Tetanus

Vaksin tetanus umumnya aman dan memiliki efek samping yang ringan, seperti:

  • Nyeri, kemerahan, dan bengkak di tempat suntikan
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Kelelahan

Efek samping yang berat sangat jarang terjadi.

Kapan Pasangan Perlu Mendapatkan Suntik Tt?

Healthy couple yang akan menikah sebaiknya mendapatkan imunisasi tt paling tidak 2 minggu sebelum menikah. Jika calon pengantin belum pernah mendapatkan suntik tt sama sekali, maka perlu mendapatkan minimal 3 dosis vaksin tetanus dengan jarak 0, 1, dan 7 bulan antar dosis.

Jika pasangan sudah pernah mendapatkan imunisasi tetanus lengkap, maka cukup mendapatkan 1 dosis tt tambahan paling tidak 2 minggu sebelum menikah.

Cara Mendapatkan Vaksin Tt bagi Calon Pengantin

Vaksinasi tetanus dapat diperoleh di puskesmas, klinik, atau rumah sakit. suntik tetanus biasanya diberikan secara gratis melalui program imunisasi pemerintah.

Healthy Couple dapat berkonsultasi dengan dokter, perawat, dan bidan dari inHarmony Clinic untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang imunisasi tt bagi calon pengantin, termasuk jadwal dan biaya vaksinasi.

Selain Mendapatkan Vaksinasi Tetanus, Apa Lagi yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Tetanus?

Selain mendapatkan suntik tt sebelum menikah, calon pengantin juga dapat melakukan hal-hal berikut untuk mencegah tetanus:

  • Menjaga kebersihan luka dengan mencucinya menggunakan air mengalir dan sabun.
  • Menutup luka terbuka dengan perban atau kain bersih.
  • Menghindari kontak dengan tanah atau kotoran yang mungkin terkontaminasi bakteri tetanus.
  • Jika mengalami luka tusuk atau luka bakar yang dalam,¬†segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dengan mendapatkan vaksin tt pranikah dan melakukan tindakan pencegahan lainnya, Healthy Couple dapat terhindar dari penyakit tetanus dan menjalani pernikahan dengan sehat dan bahagia.

Persiapan Pranikah Lainnya Selain Vaksin TT Pranikah

Selain imunisasi tt, Healthy Couple harus memerhatikan kesehatan diri dan pasangan. Selain imunisasi TT, ada paket vaksinasi pranikah lengkap yang meng-cover semua kebutuhan imunisasi pranikah healthy couple. Selain itu juga terdapat paket medical check up pranikah dan genetic testing yang bisa membantu healthy couple dalam menjaga kesehatan pasangan dan si buah hati.

Semoga artikel ini bermanfaat.