Kamis, 30 Mei 2024 By Raden Dibi

Ada banyak hal yang harus disiapkan saat kamu akan mulai kuliah di luar negeri. Mulai dari kesiapan finansial, syarat-syarat akademis, hingga kesehatan, semua harus sudah direncanakan dengan matang dari jauh-jauh hari. Mengenai kesehatan, masing-masing kampus biasanya telah menyediakan daftar vaksinasi bagi mahasiswa mancanegara yang harus dipenuhi. Vaksin untuk kuliah ke luar negeri menjadi hal yang sangat dicari bagi para calon mahasiswa.

Tapi demi kesehatan kita sendiri buat apa menunggu? meskipun tanggal keberangkatanmu masih jauh, yuk segera vaksinasi. Namun sebelumnya, ayo cek vaksin apa saja yang kamu butuhkan sebelum kuliah ke luar negeri !

Mengapa Vaksinasi Penting Sebelum Perjalanan ke Luar Negeri

Sebagai seorang yang merencanakan perjalanan ke luar negeri, terutama untuk kuliah, vaksinasi sebelum berangkat merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Ini karena kamu akan tinggal bertahun-tahun di sana. Vaksinasi sebelum ke luar negeri dapat membantu melindungimu dari berbagai penyakit menular yang mungkin tidak umum di Indonesia. Dengan mendapatkan vaksin yang tepat, kamu dapat mengurangi risiko tertular penyakit yang dapat mengganggu kesehatanmu selama perjalanan.

Beberapa penyakit yang dapat dihindari dengan vaksinasi sebelum perjalanan antara lain hepatitis A, meningitis, tifoid, rabies, campak, gondongan, dan rubella (MMR). Dengan memahami jenis vaksin yang diperlukan sebelum perjalanan ke luar negeri, kamu dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan lebih fokus dengan kegiatan akademis kamu.

Jenis Vaksin yang Diperlukan Sebelum Perjalanan ke Luar Negeri

Vaksin Influenza

Vaksin Influenza adalah vaksin rutin yang harus kamu dapatkan setahun sekali. Virus influenza sangat mudah bermutasi dan memiliki tingkat penularan tinggi, karenanya perlindungan optimal diperlukan setiap tahunnya. Negara-negara destinasi favorit para mahasiswa biasanya berada di wilayah bumi beriklim sedang. Negara-negara di iklim sedang umumnya memiliki 4 musim dan pada musim gugur atau dingin, akan memiliki suhu yang jauh lebih dingin dibandingkan dengan Indonesia yang berada di Iklim tropis. Menurut penelitian, virus-virus tertentu seperti virus influenza dan rhinovirus memiliki tingkat replikasi yang tinggi pada suhu dingin. Karena itu kami merekomendasikan vaksin ini sebagai salah satu vaksin untuk kuliah ke luar negeri yang harus segera kamu dapatkan.


Vaksin Hepatitis A

Vaksin hepatitis A direkomendasikan untuk kamu yang melakukan perjalanan ke negara-negara dengan tingkat sanitasi yang rendah, terutama di Asia, Amerika Latin, Afrika, dan Amerika Tengah. Hepatitis A dapat menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, sehingga vaksinasi menjadi penting untuk mencegah penularan penyakit ini. Tentunya kampus-kampus di negara tersebut jadang sekali menjadi favorit mahasiswa Indonesia untuk perkuliahan, namun jika kamu berencana berlibur ke negara-negara tersebut saat liburan semester, sebaiknya kamu segera mengambil vaksin ini.

Vaksin Meningitis

Vaksin meningitis direkomendasikan untuk orang yang melakukan perjalanan ke daerah dengan risiko tinggi penularan meningitis, terutama di Afrika dan Timur Tengah. Meningitis dapat menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita, sehingga vaksinasi menjadi penting untuk mencegah penularan penyakit ini. Selain itu meningitis juga memiliki tingkat kematian yang tinggi (high fatality rate) jadi bagi kamu yang berencana untuk berkuliah di Mesir atau jazirah Arab, kamu harus segera mendapatkan vaksin ini.

Mengunjungi inHarmony Clinic

Sebelum berangkat ke luar negeri, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau vaksinator untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang vaksinasi yang diperlukan. Di inHarmony Clinic, dokter dan perawat vaksinator akan membantu kamu memilih vaksin yang sesuai dengan tujuan perkuliahan atau perjalanan kamu dan memberikan informasi tambahan mengenai kesehatanmu selama di sana.

Proses mendapatkan vaksinasi sebelum perjalanan meliputi pemeriksaan kesehatan, penentuan vaksin yang diperlukan, jadwal vaksinasi, serta informasi mengenai efek samping, dan tindakan yang perlu dilakukan jika terjadi masalah kesehatan selama perjalanan. Pastikan untuk memberikan informasi lengkap kepada dokter atau petugas kesehatan mengenai riwayat kesehatan dan kondisi medismu untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Kesimpulan

Mendapatkan vaksinasi sebelum kuliah dan melakukan perjalanan ke luar negeri merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan. Dengan memahami jenis vaksin yang diperlukan dan berkonsultasi dengan dokter atau perawat vaksinator, Kamu dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan mengurangi risiko tertular penyakit selama menimba ilmu di luar negeri.

Raden Dibi

Memulai karir sebagai seorang jurnalis, Raden Dibi Irnawan kini menjabat sebagai Digital Marketing Coordinator di inHarmony Clinic. Sarjana humaniora lulusan Universitas Indonesia ini juga telah berpengalaman membuat berbagai ide konten dan artikel kesehatan selama 7 tahun.