Saturday, 06 August 2022 By Admin

Healhty People, udah saatnya kita booster kedua loh!

Menurut situs healthline.com, proteksi yang kita bisa dapatkan dari setiap dosis vaksin covid 19 adalah 3 bulan (Oxford-Astrazeneca), 6 bulan (Moderna, Pfizer BioNTech, Novavax), dan 8 bulan (Johnson&Johnson). Mengingat kebanyakan masyarakat Indonesia mendapatkan vaksinasi boosternya pada paruh akhir 2021 hingga paruh awal 2022, artinya booster kedua sudah harus segera kita dapatkan. Namun tentunya seperti pemberian vaksinasi COVID-19 sebelumnya, booster vaksin kedua kini baru dikhususkan bagi kalangan berisiko tinggi, diantaranya para tenaga medis.

Hal ini merupakan respons yang tepat dari pemerintah kita, karena menurut data yang ada, menjelang akhir Juli 2022, kasus covid-19 di Indonesia meningkat pesat jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Kondisi ini mungkin juga merupakan sebuah indikator bahwa memang imunitas covid 19 di masyarakat saat ini sudah mulai menurun.

Menurut data analisis kematian covid-19 di Indonesia yang diedarkan oleh satgas advokasi vaksinasi covid 19 dari IDI di instagram @vaksinasicovid19_idi baru-baru ini, kita bisa menemukan hal yang menarik dan seharusnya makin meyakinkan kita untuk melengkapi vaksinasi covid19 kita semua. Dari hampir 1,8 juta kasus covid 19 baru di Indonesia sejak Januari hingga Juni 2022, risiko kematian tertinggi adalah pada masyarakat yang sama sekali belum mendapatkan vaksin covid 19. Dari jumlah tersebut, 2,8% diantaranya belum pernah sama sekali mendapatkan vaksin covid 19. Sedangkan angka kematian pada masyarakat yang telah mendapatkan booster covid 19 adalah hanya sebesar 0,1% dari jumlah tersebut. Artinya jumlah korban jiwa yang belum divaksin terhitung hingga 28 kali lebih banyak jika dibandingkan korban yang telah mendapatkan booster.

Nah, melalui video tersebut, kita mempelajari bahwa pemberian booster kedua untuk tenaga medis telah dimulai sejak 29 Juli 2022 lalu. Dengan target sasaran pemberian kepada 4 juta tenaga medis pada periode ini. Tentunya kita doakan semoga program vaksinasi ini terlaksana dengan lancar sehingga nakes kita segera terlindungi dengan maksimal.

lalu kapan booster untuk masyarakat bebas akan diedarkan?
Wah kita tetap harus bersabar menunggu sambil tetap menerapkan prokes 5 M, jangan kasih kendor Healthy People!