Saturday, 10 December 2022 By Admin

Vaksin hewan peliharaan sudah banyak menjadi perhatian bagi para pecinta hewan. Ini karena kita ingin yang terbaik bagi peliharaan kita dan sebisa mungkin menjaga mereka sehat selalu. Tanggal 10 Desember diperingati di seluruh dunia sebagai International Animal Rights Day, atau hari Hak Hewan Sedunia. Tentunya mendapatkan vaksinasi lengkap merupakan salah satu hak hewan peliharaan kita semua.

Di masa pandemi, semakin banyak orang yang mengadopsi kebiasaan memelihara hewan.
Memelihara hewan, menurut sebuah penelitian, jelas memberi manfaat kesehatan, yaitu lebih sedikit serangan jantung, atasi kesepian, tekanan darah dan kesejahteraan psikologis lebih baik, tingkat depresi dan stres lebih rendah.

Vaksinasi hewan peliharaan sangatlah penting dan kini vaksinasi bagi beberapa jenis hewan peliharaan seperti anjing dan kucing telah mudah diakses oleh kita semua melalui petshop atau dokter hewan. Vaksinasi-vaksinasi tersebut untuk mencegah banyak penyakit hewan peliharaan, menghindari perawatan mahal, mencegah penyakit yang dapat ditularkan antar hewan, dan dari hewan ke manusia. Apa saja vaksin-vaksinnya?

Vaksin inti untuk anjing : vaksin utk canine parvovirus (virus parvo), distemper, canine hepatitis dan rabies. Sedangkan vaksin inti untuk kucing : vaksin utk panleukopenia (feline distemper), feline calicivirus , feline herpesvirus tipe I (rhinotracheitis) dan rabies.

Vaksin inti dianggap penting untuk semua hewan peliharaan berdasarkan risiko paparan, tingkat keparahan penyakit atau penularan ke manusia.

Sama seperti vaksinasi pada manusia, rangkaian vaksinasi yang betul pada hewan pun, harus dijalani secara tuntas. Khususnya bagi puppies (anak anjing) dan kitten (anak kucing). Jika tidak, maka  perlindungan yang tidak lengkap bisa membuat anak anjing dan anak kucing rentan terhadap infeksi. Menjaga kesehatan hewan peliharaan berarti turut menjaga kesehatan Anda dan keluarga

Happy International Animal Rights Day!