Friday, 18 November 2022 By Admin

Influenza merupakan penyakit yang umum ditemukan di masyarakat. Gejalanya begitu mirip dengan penyakit ISPA lain, sering kita temui, terutama saat musim hujan: mulai dari letih, lesu, sakit kepala, batuk, pilek, bahkan demam. Disaat cuaca tidak menentu seperti sekarang, penyebaran penyakit semakin meningkat.

Begitu lazimnya influenza di tengah-tengah masyarakat cenderung membuat kita lupa betapa berbahaya sebenarnya penyakit ini. Padahal penyakit ini pernah merenggut setidaknya 50 juta jiwa pada tahun 1918, saat pandemi flu berlangsung; jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan pandemi covid saat ini. Mengapa jumlahnya bisa sebanyak itu? pasalnya saat itu kekebalan tubuh manusia terhadap virus tersebut belum terbentuk dengan baik seperti sekarang ini. Ditambah lagi, teknologi yang ada belum mumpuni bagi para ilmuwan kala itu untuk memprokduksi vaksin dengan cepat seperti sekarang ini. Sebelumnya, dari proses riset hingga produksi masal vaksin yang layak edar bisa membutuhkan waktu puluhan tahun.

Masih Berbahaya?

Bagaimana dengan saat ini? gejala dan penyebaran influenza tentunya secara umum sudah jauh lebih ringan. Bahkan pada tahun 2020 silam, seiring dengan maraknya kasus pandemi covid, penyebaran influenza mencapai titik terendah di dunia ini. Hal tersebut karena seluruh dunia disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan : mengenakan masker, cuci tangan dengan air bersih, dan menjaga jarak dalam berinteraksi. Situasi ini ternyata terbukti efektif dalam mengurangi penularan tidak hanya virus covid, tapi juga virus flu.

Secara gejala, relatif ringan hingga berat bagi orang-orang dewasa. Namun bagi kelompok usia lanjut dan balita, influenza bisa menjadi fatal. Selain itu bagi ibu hamil dan orang-orang dengan kondisi kronis tertentu, penyakit ini juga dapat menjadi ancaman serius.

Cara Pencegahan Influenza Paling Efektif

Seperti yang sudah kita ketahui, penerapan protokol kesehatan terbukti ampuh mengurangi penyebaran penyakit-penyakit infeksi saluran napas. Namun, tidak semua dari kita selalu nyaman menggunakan masker. Belum lagi, seandainya pun kita telah disiplin menerapkan protokol kesehatan, berbeda halnya dengan orang lain. Saat ini pun sudah banyak orang yang tidak mengenakan masker di depan umum dan bahkan tidak menjaga jarak dan telah berani bekerumun. Bagi kita orang dewasa, mungkin penyakit ini tidak terasa serius, namun ingat, saat terjangkit penyakit ini, kita memiliki kemungkinan untuk menularkannya kepada orang-orang terdekat kita di rumah; anak-anak kita, orang tua kita, atau bahkan istri yang sedang hamil. Tentu ini adalah hal yang kita hindari.

Karenanya kami tidak henti menganjurkan supaya kita semua selalu mendapatkan vaksin influenza tahunan. Vaksin influenza diberikan setahun sekali dan dengan mendapatkan vaksin ini, risiko tertular penyakit flu menurun hingga 60%. Presentase yang cukup tinggi, jika dilihat dari parahnya risiko yang dicegah. yuk, Vaksin flun sekarang juga!